Tautan-tautan Akses

Imigran Asal Laos Menangkan Lotre Powerball Senilai $1,3 Miliar


Cheng "Charlie" Saephan menunjukkan cek yang ia terima sebagai salah satu pemenang lotre Powerball senilai $1,3 miliar dalam konferensi pers di Salem, Oregon, pada 29 April 2024. (Foto: AP/Jenny Kane)
Cheng "Charlie" Saephan menunjukkan cek yang ia terima sebagai salah satu pemenang lotre Powerball senilai $1,3 miliar dalam konferensi pers di Salem, Oregon, pada 29 April 2024. (Foto: AP/Jenny Kane)

Salah seorang pemenang jackpot lotre Powerball senilai US$1,3 miliar bulan ini adalah seorang imigran dari Laos yang telah menderita kanker selama delapan tahun dan tengah menjalani perawatan kemoterapi terbarunya pada minggu lalu.

Cheng “Charlie” Saephan, 46, dari Portland mengatakan pada konferensi pers yang diadakan oleh Oregon Lottery pada Senin (29/4), bahwa dia dan istrinya yang berusia 37 tahun, Duanpen, mengambil setengah dari uang tersebut, dan sisanya diberikan kepada seorang teman, Laiza Chao, 55, dari pinggiran Kota Portland, Milwaukie. Chao telah menyumbangkan $100 untuk membeli sejumlah tiket lotre tersebut. Mereka memilih untuk menerima pembayaran sekaligus sebesar $422 juta setelah dipotong pajak.

“Saya akan mampu menafkahi keluarga dan merawat kesehatan saya,” katanya, sambil menambahkan bahwa dia akan “menemukan dokter yang baik untuk diri saya sendiri.”

Saephan, yang memiliki dua anak kecil, mengatakan bahwa sebagai seorang pasien kanker, ia bertanya-tanya, “Bagaimana saya bisa punya waktu untuk menghabiskan semua uang ini? Berapa lama saya bisa hidup?”

Setelah mereka membeli tiket bersama, Chao mengirimkan foto tiket lotre tersebut ke Saephan dan mengatakan, “Kita menjadi miliarder.” Lontaran tersebut hanyalah lelucon sebelum pengundian dilakukan, katanya, tapi keesokan harinya ungkapan itu menjadi kenyataan.

Chao, 55, sedang dalam perjalanan menuju tempat kerja ketika Saephan meneleponnya dan mengabarkan: “Kamu tidak lagi perlu pergi bekerja,” katanya.

Saephan mengatakan dia lahir di Laos dan pindah ke Thailand pada tahun 1987, sebelum berimigrasi ke AS pada tahun 1994. Dia mengenakan ikat pinggang pada konferensi pers yang mengidentifikasi dirinya sebagai Iu Mien, sebuah kelompok etnis Asia Tenggara yang berasal dari China selatan. Banyak anggota Iu Mein yang menjadi petani yang hasilnya hanya mencukupi kebutuhan keluarga dan membantu pasukan Amerika Serikat selama perang Vietnam.

Setelah konflik, ribuan anggota kelompok etnis tersebut melarikan diri ke Thailand untuk menghindari pembalasan dan akhirnya menetap di AS.

Puluhan ribu masyarakat Iu Mien tinggal di sepanjang Pantai Barat AS, dengan komunitas yang cukup besar dan aktif di Portland, Oregon.

Hadiah lotre tersebut memiliki nilai tunai sebesar $621 juta sebelum pajak jika pemenang memilih untuk mengambilnya sekaligus dibandingkan dengan menerima pembayaran dengan cara dicicil selama 30 tahun. [lt/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG