Tautan-tautan Akses

Duchess Sophie dari Inggris Lakukan Kunjungan Mendadak ke Ukraina


Sophie, Duchess of Edinburgh, mengunjungi Gereja Saint Andrew di Kota Bucha, Ukraina, dalam kunjungannya ke negara tersebut pada 29 April 2024. (Foto: Anatolii Stepanov/Pool via AP)
Sophie, Duchess of Edinburgh, mengunjungi Gereja Saint Andrew di Kota Bucha, Ukraina, dalam kunjungannya ke negara tersebut pada 29 April 2024. (Foto: Anatolii Stepanov/Pool via AP)

Bangsawan asal Inggris, Sophie, Duchess of Edinburgh, melakukan kunjungan mendadak ke Ukraina pada hari Senin (29/4). Ia menjadi anggota kerajaan Inggris pertama yang melakukan perjalanan ke negara itu sejak invasi Rusia pada tahun 2022.

Istana Buckingham mengatakan Sophie, istri Pangeran Edward, saudara bungsu raja Inggris, bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy dan Ibu Negara Olena Zelenska di Kyiv dan menyampaikan pesan atas nama Raja Charles III.

Pihak Istana mengatakan Sophie, 59, melakukan perjalanan tersebut “untuk menunjukkan solidaritas terhadap perempuan, laki-laki dan anak-anak yang terkena dampak perang dan sebagai kelanjutan dari pekerjaannya untuk memperjuangkan para penyintas kekerasan seksual terkait konflik.”

Sophie bertemu dengan para penyintas kekerasan seksual dan sukarelawan yang membantu komunitas mereka mengatasi trauma perang.

“Saya sangat senang melihat apa yang telah dilakukan di sini... Saya gembira bahwa pemerintah Inggris mendukung upaya kemanusiaan ini karena ini sangat penting,” kata Sophie.

Di Bucha, sebuah kota dekat Kyiv, anggota kerajaan Inggris itu juga memberikan penghormatan kepada mereka yang kehilangan nyawa selama pendudukan Rusia.

Dia juga mengunjungi kantor Dana Kependudukan PBB di Kyiv untuk bertemu dengan para korban perang mengunjungi Katedral Saint Sophia bersama Ibu Negara Zelenska dan duta besar Inggris untuk Ukraina, Martin Harris. [lt/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG