Tautan-tautan Akses

Demonstran Pro-Palestina di Pakistan Ganggu Pidato Duta Besar Jerman


Sejumlah anggota organisasi masyrakat sipil dan partai politik di Pakistan menggelar demonstrasi menentang serangan Israel ke Gaza dalam aksi di Karachi, Pakistan, pada 29 November 2023. (Foto: AP/Fareed Khan)
Sejumlah anggota organisasi masyrakat sipil dan partai politik di Pakistan menggelar demonstrasi menentang serangan Israel ke Gaza dalam aksi di Karachi, Pakistan, pada 29 November 2023. (Foto: AP/Fareed Khan)

Duta Besar Jerman untuk Pakistan menghadapi reaksi keras di media sosial pada hari Sabtu (27/4) karena meminta demonstran pro-Palestina meninggalkan konferensi hak asasi manusia daripada “berteriak” dan menyela pidatonya.

Duta Besar Alfred Grannas sedang berbicara tentang hak-hak sipil pada acara yang disiarkan langsung di Lahore, Pakistan timur, ketika seorang pemuda bangkit dari tempat duduknya dan menyela pidato diplomat Jerman tersebut.

“Maaf, Bapak Duta Besar. Saya terkejut dengan keberanian Anda di sini untuk berbicara tentang hak-hak sipil sementara negara Anda secara brutal menganiaya orang-orang yang membela hak-hak rakyat Palestina,” kata pengunjuk rasa tersebut.

Para peserta bersorak dan meneriakkan “Bebaskan, Bebaskan Palestina” dan “Dari sungai ke laut” sebagai tanggapan atas komentar tersebut, dan banyak dari mereka bangkit dari tempat duduk untuk mendukung pria yang menyela pidato sang duta besar tersebut.

Penyelenggara acara memaksa para pengunjuk rasa keluar dari ruang konferensi untuk membiarkan diplomat Jerman itu menyelesaikan pidatonya.

Pernyataan video Grannas dengan cepat menjadi viral, menuai kritik dari masyarakat Pakistan, termasuk aktivis, politisi, dan jurnalis.

“Duta Besar Jerman untuk Pakistan memberi kuliah kepada masyarakat Pakistan tentang kebebasan berpendapat sementara pemerintah Jerman melarang diskusi apa pun mengenai Gaza. Mahasiswa yang angkat bicara pada saat pidato tersebut diseret dan dipukuli. Memalukan!" cuit Ammar Ali Jan, seorang sejarawan, aktivis, dan politisi Pakistan di platform X.

AJ Conference, penyelenggara acara tersebut, mengatakan dalam pernyataannya kepada VOA bahwa kelompok tersebut “dengan tegas menyangkal telah memukuli massa yang meneriakkan slogan-slogan pada acara konferensi seperti yang dituduhkan oleh @ammaralijan. Itu adalah kebohongan yang keterlaluan, terutama ketika beberapa kamera ada di sana untuk merekam semuanya.”

Beberapa influencer media sosial mendesak diplomat Jerman tersebut untuk meminta maaf kepada warga Pakistan atas reaksinya. [lt/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG